Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan

 on Thursday, June 13, 2013  


Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan - Saraswati Update - Kambing etawa adalah kambing hasil silangan antara kambing jamnapari India dengan kambing lokal Indonesia. Kambing etawa disebut juga dengan sebutkan peranakan etawa (PE). Kambing etawa memiliki keunggulan dibanding dengan kambing lokal, yaitu ukuran tubuhnya besar dan susu yang dihasilkan lumayan banyak. Selain daging dan susunya yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, kambing etawa dapat pula dijadikan sebagai kambing kontes, justru inilah yang menyebabkan harga kambing etawa sangat fantastis. Kambing etawa memiliki ciri khas pada tekstur kepala menonjol atau roman nosed dan bentuk kuping yang panjang terlipat. Pada awalnya kambing ini dikembangkan untuk breeding dan produksi susu.

Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan
Dengan melihat keunggulan dan nilai ekonomisnya, maka budidaya atau ternak kambing etawa memberikan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Peluang usaha ternak kambing etawa sudah marak dilakukan oleh para peternak, meskipun yang mereka ternakkan merupakan keturunan yang sudah jauh, karena memang untuk mendapatkan keturunan etawa yang masih dekat sangatlah mahal harganya, hanya mereka yang memiliki kantong tebal yang berani bermain kambing ini dengan tujuan sebagai kambing kontes.

Kambing etawa sekarang ini dikembangkan sebagai kambing kontes. Kambing etawa kontes memiliki harga pasaran yang relatif mahal dibandingkan kambing lainnya. Kontes kambing etawa ini didasarkan pada nilai seni dari kambing tersebut, yaitu panjang & lipatan telinga, gelambir, bentuk muka, corak warna, dan lain-lain. Kambing etawa yang berkualitas tinggi biasanya diternakkan oleh para pengusaha dengan tujuan sebagai kambing koleksi yang dipelihara secara khusus untuk mengikuti kontes.

Beberapa kambing etawa yang beredar di pasaran di antaranya ada dua ras atau peranakan yaitu Kaligesing dan Senduro. Konon ceritanya kambing etawa yang terdapat di Kaligesing berawal sejak 1930, yaitu ketika pemerintah kolonial Belanda membawa kambing jamnapari dari India ke daerah Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Kambing jamnapari ini kemudian disilangkan dengan kambing lokal yaitu kambing jawa randu atau kacang yang selanjutnya silangan ini menghasilkan keturunan yang dikenal sebagai Kambing Etawa ras Kaligesing.

Keberadaan kambing etawa Senduro di Indonesia berawal pada tahun 1947, yaitu Presiden Sukarno membawa kambing Jamnapari ras dari Etawah, Uttar Pradesh India ke Indonesia untuk keperluan pengembangan silang. Kambing jenis ini disilangkan dengan kambing lokal Lumajang, yaitu kambing Menggolo. Kambing Menggolo memiliki ukuran lebih besar daripada kambing kacang. Hasil silangan ini disebut dengan Kambing Etawa Ras Senduro (Etsen). Kambing etawa putih hanya dapat ditemui di Senduro, sebuah desa yang terletak di kaki gunung berapi Semeru. Menurut peternak setempat, kambing etawa putih dapat tumbuh sampai ukuran sangat besar, hingga 170kg. Di daerah ini, kambing etawa dimanfaatkan daging yang sangat bergizi dan susunya.

Kambing etawa Senduro memiliki ciri fisik corak warna dominan putih, jarang memiliki tanduk, karena itu disebut etawa gundul Senduro, kuping panjang, lemas, terpilin sampai 50 cm, ukuran postur panjang, tinggi dan lebih tebal. Tinggi gumba dapat mencapai 120 cm untuk jantan. Ketebalan kambing berkorelasi dengan bobot kambing. Tidak seperti kambing etawa Kaligesing, harga kambing etawa ras Senduro lebih murah. Penilaian harga ditentukan oleh postur tubuhnya. Kambing etawa Senduro diternakkan sebi agkambing pedaging dan perah.

Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan

Untuk memulai bisnis ternak kambing etawa membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ada solusi yang dapat dijadikan pertimbangan dalam beternak kambing etawa ini, yaitu dengan bergabung dalam kelompok tani ternak untuk dapat mengakses bantuan dari pemerintah baik bantuan Pinjaman modal bunga ringan bersubsidi, maupun bantuan Hibah bersyarat.

Untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal bunga ringan dapat membuat proposal KKPE yaitu kredit ketahanan pangan dan energi di berbagai Bank Pemerintah. Akses permodalan lainnya adalah bantuan berupa Hibah atau bantuan sosial yang sering disebut dengan istilah bansos baik provinsi maupun dari pusat, yaitu dengan mengajukan proposalpermohonan bantuan ternak kambing.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan 4.5 5 Unknown Thursday, June 13, 2013 Budidaya Kambing Etawa Sangat Menguntungkan - Saraswati Update - Kambing etawa adalah kambing hasil silangan antara kambing jamnapari...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar