6 Makanan Penurun Kolesterol

 on Thursday, August 22, 2013  

6 Makanan Penurun Kolesterol - Kolesterol adalah suatu zat yang sangat dihindari oleh banyak orang. Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (dalam bahasa Inggris disebut waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

6 Makanan Penurun Kolesterol

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol  HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

Mengurangi tingkat kolesterol merupakan salah satu cara menurunkan berat badan. Hampir semua menu makanan sehari-hari banyak mengandung lemak dan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol pada makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan hipertensi. Untuk menghindari beberapa dampak buruk kolesterol, berikut ini 6 jenis makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Bekatul
Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan simvastatin. Dokter Liem menyarankan mengonsumsi bekatul sangat baik bagikesehatan dan menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi 2 sendok makan bekatul dengan sari kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol.

Lemon
Lemon merupakan salah jenis makanan yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dibenarkan oleh para ahli, bahwa kulit lemon ini bisa berfungsi sebagai detosifikasi alami. Tidak hanya sampai disitu, air perasan lemon juga mampu memberikan dampak positif untuk tubuh diantara nya membersihkan darah, membuat tubuh menjadi lebih segar, membantu mengatasi masalah pencernaan, dan paling penting adalah sebagai penambah vitamin c untuk melawan virus di dalam tubuh.

Apel
Apel mempunyai kandungan serat sebagai alat untuk membantu proses pembersihan tubuh, bahkan untuk toksin yang sudah banyak yaitu pectin. Untuk membantu proses detoksifikasi alami, cara nya cukup mudah biasanya potongan apel dalam membuat salad buah atau dibuatkan minuman jus. Dengan banyak mengkonsumsi apel, maka akan semakin cepat racun yang ada dalam tubuh terbuang.

Bawang Putih
Bawang putih sangat bermanfaat untuk tubuh, bukan hanya untuk menyehatkan jantung, namun juga mampu meningkatkan daya imun dalam tubuh sehingga kuat terhadap racun. Hubungan nya dengan cara menurunkan berat badan, bawang putih ini mampu membantu proses detosifikasi racun dalam tubuh menjadi lebih cepat sekaligus menurunkan kadar kolesterol sehingga mampu membuat berat badan Anda kembali normal.

Asparagus
Biasa nya asparagus dikonsumsi dalam bentuk sayur, tapi dibalik itu asparagus ini bisa berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Menurut para ahli kesehatan, asparagus merupakan obat alami dengan banyak serat alami di dalamnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh selepas konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, asparagus sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh akibat makanan-makanan tersebut.

Brokoli
Konsumsi brokoli juga sangat bagus untuk proses detosifikasi racun dalam tubuh. Ini karena ketika dimakan, brokoli ini mengeluarkan zat atau senyawa antioksidan yang ada di dalam nya untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh sekaligus kolesterol jahat yang ada. Kandungan lain dari brokoli seperti vitamin c, k, a, serat, dan folat ini juga mampu mengatasi masalah radang dalam tubuh.
6 Makanan Penurun Kolesterol 4.5 5 Unknown Thursday, August 22, 2013 6 Makanan Penurun Kolesterol - Kolesterol adalah suatu zat yang sangat dihindari oleh banyak orang. Kolesterol adalah metabolit yan...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar