Ketekunan adalah Kunci Sukses Budidaya Kroto

 on Wednesday, August 28, 2013  

Ketekunan adalah Kunci Sukses Budidaya Kroto - Seperti halnya budidaya ternak lainnya, budidaya kroto juga memerlukan ketekunan yang ekstra untuk mencapai keberhasilan. Postingan kali ini, saya akan mereview ternak kroto saya yang belum juga membuahkan hasil yang maksimal. Banyaknya komentar pembaca tentang ternak kroto di ktt saraswati ini, mengundnag saya untuk memaparkan sedikit pengalaman saya yang masih sedikit di bidang perkrotoan.

Komentar pembaca terbaru melalui g+ mengatakan bahwa ingin belajar ternak kroto, jawaban saya adalah: Kita belajar bersama-sama gan. saya juga masih belajar dan coba-coba. Belum pernah panen. Ternyata budidaya kroto tetap harus dilakukan dengan sepenuh hati, dan dengan ketekunan serta dengan sarana dan prasarana yang baik juga, seperti misalnya, kandang atau rumah khusus yang jauh dari aktifitas manusia dan hewan lain.

Ketekunan adalah Kunci Sukses Budidaya Kroto

Kalau kita amati, semut rangrang di alam juga membutuhkan ketenangan untuk berkembang biak gan
demikian pula ketika kita ternakkan, makasih sudah baca tulisan elek ku gan, mari kita saling berbagi info gan.

Berikut ini beberapa persyaratan sukses budidaya kroto:

Agar semut rangrang penghasil kroto dapat berkembang biak dan berproduksi secara maksimal, harus memenuhi standar dan persyaratan tertentu, berikut beberapa hal yang harus dipenuhi dalam budidaya kroto:
  1. Kandang, kandang atau tempat budidaya kroto harus terhindar dari segala aktifitas, baik manusia ataupun hewan lainnya. Hal ini untuk menjaga ketenangan semut rangrang dalam berkembangbiak maupun bertelur. Kandang hendaknya ditempatkan di luar rumah, dibuatkan ruangan khusus tersendiri yang terlindung dari segala gangguan.
  2. Pakan, pakan sangat menentukan keberhasilan budidaya kroto, ketersediaan pakan yang disukai rangrang adalah mutlak dilakukan. Kalau memberi makan manusia itu sangatlah mudah, karena manusia dapat berbicara, suka terhadap makanan tersebut atau tidak, sudah kenyang atau belum, sudah lapar lagi atau belum, bagaimana dengan semut rangrang yang tidak bisa berbicara, nah ini sulitnya, Pakan harus selalu tersedia agar semut tidak kelaparan dan intinya agar semut dapat bertahan hidup untuk bertelur. Bsagaimana semut bisa berttelur kalau kelaparan? Itu yang terjadi pada ternak saya, semut rangrang yang saya pelihara sering kelaparan, karena sering saya tinggal untuk urusan lainnya.
  3. Jenis Pakan Semut Rangrang, ada beberapa jenis pakan semut rangrang penghasil kroto yang direkomendasikan oleh para peternak yang telah berhasil, baik yang saya peroleh dari internet, maupun secara langsung dari peternak via telepon, pakan itu di antaranya adalah jangkrik, ulat, belalang, daging ayam, cicak, dan hewan-hewan kecil atau serangga lainnya. Info terbaru dari teman saya yang baru pulang dari Bandung, di Bandung temannya teman saya tersebut telah berhasil budidaya kroto hingga panen dengan mengandalkan pakan berupa tulang, baik tulang sapi, kambing, maupun tulang-tulang hewan lainnya, caranya adalah tulang dipecahkan agar sumsumnya terlihat, sumsum itulah yang dimakan oleh semut rangrang. Info terbaru lainnya berasal dari peternak pemula yang sudah menunjukkan tanda-tanda keberhasilan mengingat semut rangrang yang diternaknya sudah mulai berkembang biak, itu ditandai dari berawal 5 toples, kini telah bertambah menjadi puluhan toples, peternak tersebut mengatakan bahwa pakan ini rahasia, tolong jangan disebarkan. Sebenarnya saya juga merasa tidak enak untuk memberitahukannya, namun demi kebersamaan, maka saya memberanikan diri untuk menyampaikannya, bahawa pakan rahasia tersebut adalah "TEPUNG IKAN"
  4. Minuman, minuman adalah salah satu persyaratan penting juga yang harus tersedia, minuman dibuat dari gula yang dicairkan, dengan cacatan jangan terlalu cair, harus kental, maka gunakan air sedikit saja, biar gula mencair sedikit demi sedikit dengan sendirinya.
  5. Persyaratan lain bersifat umum, silahkan baca pada postingan saya yang lainnya.
Demikian pemaparan hasil kesimpulan selama saya mencoba budidaya semut rangrang penghasil kroto, selamat mencoba semoga sukses, saya tunggu komentar dan sharing ilmunya.
Ketekunan adalah Kunci Sukses Budidaya Kroto 4.5 5 Unknown Wednesday, August 28, 2013 Ketekunan adalah Kunci Sukses Budidaya Kroto - Seperti halnya budidaya ternak lainnya, budidaya kroto juga memerlukan ketekunan yang ekst...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar