Manfaat Timun untuk Kesehatan

 on Friday, August 23, 2013  

Manfaat Timun untuk Kesehatan - Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Timun untuk Kesehatan

Selain manfaat tersebut di atas, timun masih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, yaitu:

Kandungan Vitamin B
Timun atau mentimun adalah buah atau sayuran berwarna hijau tua dengan bentuk lonjong yang kaya akan kandungan vitamin B yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Kandungan Air dapat Mengurangi Dehidrasi atau Kekurangan Air pada Tubuh
Timun mengandung 95 persen air sehingga dapat menjaga tubuh anda dari dehidrasi sambil membantu tubuh menghilangkan racun. Timun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Kulit timun juga mengandung vitamin C yang cukup banyak.

Kulitnya untuk Perawatan Kulit dan Rambut
Kulit mentimun/timun dapat digunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar. Manfaatkan juga sepotong timun diatas mata yang bengkak, karena sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, silikon dan sulfur yang terkandung di dalam timun juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Kandungan Lariciresinol, Pinoresinol, dan Secoisolariciresinol dapat Mencegah Kanker
Timun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiganya memiliki sejarah kuat dari penelitian sehubungan dengan penurunan resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.

Sebagai Pelumas dalam Perawatan rumah
Timun juga bermanfaat dan bisa digunakan untuk menghilangkan embun/kabut yang ada di cermin. Gosokkan sepotong timun di area cermin dan timun tersebut akan menghilangkan kabutnya. Ambil irisan timun dan gosokkan sepanjang engsel yang berderit dan pintu akan berhenti mencicit.

Kandungan Fitokimia dapat Menghilangkan Bau Mulut
Ambil seiris timun dan tekan ke langit-langit mulut anda dengan lidah selama 30 detik, fitokimia akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Kandungan Gula, Vitamin B, dan Elektrolitnya dapat Mencegah Sakit Kepala di Pagi Hari (Morning Sickness)
Untuk menghindari “morning sickness” atau sakit kepala di pagi hari, makanlah beberapa iris timun sebelum tidur. Timun mengandung cukup gula yang cukup, vitamin B, dan elektrolit untuk menambah nutrisi yang penting, mengurangi intensitas baik mabuk atau sakit kepala.

Mengandung Kalori yang Rendah untuk Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mengatasi Masalah Pencernaan
Karena timun rendah kalori dan mengandung air yang sangat tinggi, timun adalah diet yang ideal untuk orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam timun sangat efektif dalam membersihkan tubuh dari racun yang ada pada sistem pencernaan. Mengonsumsi timun setiap hari dapat dianggap sebagai obat untuk sembelit kronis.

Kandungan Sterol dapat Mengobati Diabetes, Mengurangi Kolesterol dan Mengontrol Tekanan Darah
Jus Ketimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang telah diketahui sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam timun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Timun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini akan bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah. Hal ini membuat timun sangat membantu dalam mengatasi tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Asam Urat, Mengurangi Nyeri Sendi, Encok dan Reumatik
Timun merupakan sumber yang sangat baik dari silika, yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Timun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, timun bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.
Manfaat Timun untuk Kesehatan 4.5 5 Unknown Friday, August 23, 2013 Manfaat Timun untuk Kesehatan - Mentimun, timun, atau ketimun ( Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ) merupak...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar