Pentingnya Perawatan Komponen Utama pada Mobil

 on Thursday, August 22, 2013  

Pentingnya Perawatan Komponen Utama pada Mobil – Perawatan mobil adalah salah satu hal yang mutlak harus dilakukan oleh pemilik mobil. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga performa mobil agar tetap prima. Berikut ini beberapa hal mengenai perawatan mobil.

Sebelum merawat mobil, terlebih dahulu kita harus tahu dan memahami setiap komponen yang terdapat pada mobil tersebut. Pemahaman komponen tersebut dimaksudkan agar jika terjadi sesuatu pada mobil secara mendadak bisa langsung ditangani sendiri tanpa bantuan dari montir.

Berikut ini komponen mobil dan tips perawatannya:
Ban
Ban merupakan salah satu komponen penting dalam merawat mobil. Untuk merawat ban mobil ini, sebaiknya rajin untuk mengecek tekanan ban mobil tersebut. Pastikan tekanan ban mobil Anda sesuai dengan spesifikasi yang diberikan dalam buku manual. Jika Anda tiap hari bepergian dengan ban, maka usahakan mengganti ban setelah 1-2 tahun pemakaian.

Aki Mobil
Untuk perawatan aki mobil ini, sebaiknya hal pertama yang Anda lakukan adalah memastikan untuk melepas kabel aki dari baterai sebelum membersihkan aki mobil tersebut. Pakailah sikat untuk membersihkan kabel dan gunakan juga larutan air dicampur dengan baking soda supaya kabel aki mobil tersebut bersih dari segala kotoran yang menempel. Setelah selesai, coba cek koneksi kabel pastikan juga apakah aki mobil Anda sudah pas pada dudukannya apa belum.
Pentingnya Perawatan Komponen Utama pada Mobil

Oli Mobil
Pada umumnya perawatan mobil dengan motor sama dalam hal oli. Pastikan oli mobil Anda rutin diganti setiap 1 bulan sekali, agar mesin tidak cepat aus dan rusak. Pergantian obi mobil setiap bulannya juga akan menimbulkan kesan halus setiap mesin mobil dijalankan tiap harinya.

Rem
Rem ini merupakan komponen mobil yang memegang peranan penting dalam sebuah mobil. Karena dengan berfungsinya rem, maka perjalanan Anda setiap harinya akan aman dan nyaman. Bayangkan apabila rem mobil ada tidak berfungsi dengan baik, maka dijamin Anda akan was-was dalam mengendarai mobil Anda.

Wiper Kaca
Untuk perawatan mobil untuk wiper kaca baik depan maupun belakang bisa dilakukan sendiri karena merupakan pekerjaan yang mudah. Siper kaca ini akan membantu Anda dalam perjalanan ketika hujan deras sedang berlangsung. Merawat wiper kaca ini, hanya dengan menggunakan air, lap basah, dan lap kering. Usahakan merawat wiper kaca mobil ini dilakukan rutin setiap hari sekaligus membersihkan kaca mobil.

AC (Air Conditioner)
Setiap mobil pasti memiliki AC, karena dengan menggunakan AC seluruh penumpang yang ada di dalam mobil akan merasa nyaman dengan udara yang dingin dan sejuk. Untuk perawatan ac mobil ini biasanya akan lebih mudah jika dengan bantuan montir yang melakukannya.
Pentingnya Perawatan Komponen Utama pada Mobil 4.5 5 Unknown Thursday, August 22, 2013 Pentingnya Perawatan Komponen Utama pada Mobil – Perawatan mobil adalah salah satu hal yang mutlak harus dilakukan oleh pemilik mobil. Ha...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar