Cara Memilih Bahan Pakan Buatan Untuk Ikan

 on Sunday, August 4, 2013  

Cara Memilih Bahan Pakan Buatan Untuk Ikan - Pakan buatan adalah alternatif pakan ikan atau budidaya hewan lain yang dibuat untuk menekan biaya produksi budidaya untuk mendapatkan untuk sebanyak-banyaknya atau lebih banyak dari penggunaan pakan pabrikan.

Sebelum kita akan membuat pakan buatan maka kita harus memahami tentang bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Dalam membuat pakan buatan untuk usaha perikanan baik di kolam air tawar maupun payau, hal terpenting yang perlu untuk menjadi bahan yang harus dipertimbangkan adalah persyaratan bahan baku pakan itu sendiri yaitu:
  1. Bahan baku tidak mengandung racun. Bahan baku yang mengandung racun dapat menghambat pertumbuhan, bisa saja terjadi ikan menjandi mabuk dan strtess bahkan dapat menyebabkan kematian baik itu ikan ataupun udang yang diperihara secara masal.
  2. Bahan baku pakan tidak boleh bersaing dengan bahan makanan manusia.
  3. Bahan baku harus tersedia dalam waktu lama, atau tersedia secara kontinyu.
  4. Harga bahan baku, walaupun dapat digunakan tetapi harganya mahal; "Sebenarnya murah atau mahalnya bahan baku harus dinilai dari manfaat bahan baku tersebut". Sebagai contoh tepung ikan harganya memang mahal tetapi bila dibandingkan dengan nilai dan kegunaannya terutama kandungan proteinnya yang tinggi dan kelengkapan asam aminonya maka penggunaan tepung ikan menjadi murah.
  5. Kualitas gizi bahan baku, menjadi persyaratan penting, walaupun harganya murah, dan tersedia cukup melimpah tetapi kandungan gizinya buruk, maka bahan baku seperti ini tidak dapat digunakan.
Demikian Cara Memilih Bahan Pakan Buatan Untuk Ikan, semoga bermanfaat.


Cara Memilih Bahan Pakan Buatan Untuk Ikan 4.5 5 Unknown Sunday, August 4, 2013 Cara Memilih Bahan Pakan Buatan Untuk Ikan - Pakan buatan adalah alternatif pakan ikan atau budidaya hewan lain yang dibuat untuk menekan...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar