Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping

 on Friday, July 12, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping - Mahoni adalah tumbuhan keras yang digunakan sebagai tanaman pelindung di tepi jalan, selain itu, tumbuhan ini banyak ditanam oleh masyarakat untuk dimanfaatkan kayunya yang keras sebagai bahan bangunan. Tumbuhan mahoni banyak ditanam karena pertumbuhannya yang tergolong cepat besar dibandingkan dengan tumbuhan jati. Tumbuhan ini memiliki buah yang rasanya sangat pahit, meskipun demikian, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di samping memiliki banyak manfaat, buah mahoni juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Berikut ini manfaat dan efek samping buah mahoni bagi kesehatan:
Manfaat Buah Mahoni Bagi Kesehatan

Kandungan dan manfaat buah mahoni menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Larry Brookes seorang ahli biokimia dari Amerika di tahun 1990-an adalah:
Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping
  1. Flafonoid adalah zat yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, terutama untuk mencegah tersumbatnya saluran darah, mengurangi kadar kolesterol dan penimbunan lemak pada pembuluh darah, membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan lebam, serta antioksidan yang berguna untuk menyingkirkan radikal bebas.
  2. Saponin adalah zat yang berguna untuk mencegah sampar, mengurangi lemak, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki tingkat gula darah, menguatkan fungsi hati, dan memperlambat proses pembekuan darah.
Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping
Selain beberapa kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan di atas, ada hal lain yang menunjukkan bahwa buah mahoni ini yang berguna bagi kesehatan, seperti yang dilakukan di Cina, yaitu sebagai obat tradisional. Buah mahoni memiliki sifat pahit, dingin, antipiretik yaitu berkhasiat sebagai penurun panas, antijamur, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Di China, penggunaan buah atau biji mahoni dilakukan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudian digiling halus, hingga menjadi serbuk.
Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata buah mahoni masih memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah mengatasi hipertensi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, demam, dan membantu menjaga daya tahan. Cara pemanfaatannya sangat mudah, namun karena memiliki rasa yang sangat pahit, banyak orang yang enggan. Buah mahoni bisa langsung ditelan atau terlebih dahulu ditumbuk atau dihaluskan menjadi bubuk lalu diseduh dengan air panas.
Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah bahwa buah atau biji mahoni memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan), kemampuan ini dapat mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah, hal ini sangat membantu dan berguna untuk menjaga kesehatan.
Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping

Efek Samping Buah Mahoni Bagi Kesehatan
Selain manfaat, buah mahoni juga memiliki efek samping bagi kesehatan, kandungan flafonoid dan saponin pada buah mahoni, jika penggunaannya berlebihan akan menimbulkan efek samping. Kandungan flafonoid dalam jumlah tertentu meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang pada akirnya akan menimbulkan batu, di samping itu juga bertindak sebagai steroid. Kandungan saponin, jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat menimbulkan nyeri ulu hati, namun keadaan ini akan berbeda-beda pada setiap orang, karena daya tahan tubuh mereka berbeda-beda pula.
Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya pemanfaatan buah atau biji mahoni ini dilakukan dengan hanya 1 buah atau biji saja perhari, dengan cara ditelan langsung atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu kemudian diseduh untuk diminum. Pada sebagian orang, buah mahoni ini dapat menimbulkan efek samping, untuk itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara terus-menerus.

Demikian Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping, semoga bermanfaat.

Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping 4.5 5 Unknown Friday, July 12, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Buah Mahoni Manfaatnya dan Efek Samping - Mahoni adalah tum...


2 comments:

  1. wah makasih ya atas informasi tentang manfaat dan efek samping dari buah mahoni..

    ReplyDelete
  2. trimakasih ya...d tempat saya banyak mahoni

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar