Budidaya Kroto Memanfaatkan Cicak

 on Tuesday, July 2, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Budidaya kroto memanfaatkan cicak. Artikel ini adalah tentang pengalaman selama melakukan budidaya kroto dengan media toples. Budidaya hewan atau ternak apapun memerlukan pakan sebagai persyaratan tumbuh, berkembang, kelangsungan hidup, dan berproduksi, demikian pula dengan budidaya semut rangrang penghasil kroto. Selama ini, budidaya kroto yang dilakukan oleh anggota KTT Saraswati memanfaatkan lingkungan sekitar untuk mendapatkan pakan alami semut rangrang penghasil kroto agar sesuai dengan kebiasaan makan pada habitat aslinya.

Budidaya Kroto Memanfaatkan Cicak
Berawal dari iseng-iseng dan uji coba, memberi makan semut rangrang dengan cicak, dan ternyata mereka semut rangrang langsung menyerbunya, apalagi jika cicak tersebut dalam keadaan masih hidup namun sudah lemas atau hampir mati dan hanya bisa bergerak sedikit, para semut rangrang semakin lahap menggigitnya. Seperti biasa, mereka langsung membawa cicak tersebut masuk ke dalam sarang toples untuk berbagi dengan semut di dalam sarang yang bertugas menjaga, merawat, dan mengerami telur atau kroto agar menetas untuk melanjutkan keturunannya.
Budidaya Kroto Memanfaatkan Cicak

Dengan demikian, jelas terbukti bahwa budidaya kroto tidak membutuhkan biaya besar dalam produksinya layaknya budidaya lele yang membutuhkan biaya besar untuk membeli pakan. Sudah saatnya kita memilih budidaya atau ternak yang mempunyai nilai tinggi, mudah perawatannya, dan murah pakannya.

Budidaya Kroto Memanfaatkan Cicak

Sampai hari ini, ternak kroto yang kami lakukan sudah mulai terlihat hasilnya, yaitu semut rangrang sudah mulai bertelur kembali setelah telur lama yang dibawa dari alam menetas semua. Telur baru terlihat sangat berbeda karena bentuknya sangat kecil seperti titik-titik putih yang tersusun rapi di permukaan atas sebelah dalam toples.

Selamat mencoba, semoga sukses.
Budidaya Kroto Memanfaatkan Cicak 4.5 5 Unknown Tuesday, July 2, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Budidaya kroto memanfaatkan cicak. Artikel ini adalah tentang...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar