Manfaat Telur Untuk Kesehatan

 on Saturday, July 27, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Manfaat Telur Untuk Kesehatan - Telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa, dan beberapa jenis burung, seperti burung unta dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan, telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein, dan sembilan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.
Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan, dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil, seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar).
Manfaat Telur Untuk Kesehatan

Melihat kandungan gizi telur yang cukup tinggi di atas, betapa besar manfaat telur untuk kesehatan manusia, akan tetapi bagi sebagian orang yang tidak mengetahuinya, mengkonsumsi telur, dianggap dapat mengganggu kesehatan. Telur telah mendapat kesan buruk di masa lalu dan sayangnya, banyak orang saat ini masih percaya terhadap penyebaran informasi yang salah.

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa telur menyebabkan penyakit jantung, dan dapat meningkatkan kolesterol, sehingga mereka harus menghindarinya. Ada yang beranggapan bahwa hanya putih telur saja yang boleh dimakan, sedangkan kuning telur harus dihindari, karena mengandung kolesterol. Telur sebenarnya adalah jenis makanan yang sangat bagus, telur dikemas dengan nutrisi, vitamin, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu alasan utama telur dihindari adalah karena mereka takut terhadap meningkatnya kolesterol.
Manfaat Telur Untuk Kesehatan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa, sebenarnya telur tidak meningkatkan kolesterol LDL, tetapi menurunkannya. Menurut sebuah penelitian terbaru, mereka yang mengkonsumsi 3 butir telur per hari selama 12 minggu, memiliki kadar kolesterol LDL dan HDL yang meningkat. Studi lain menunjukkan bahwa, mereka yang mengkonsumsi 4 atau lebih telur per minggu, memiliki kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya makan satu telur per minggu.

Berikut ini kandungan dan manfaat telur untuk kesehatan:

  • Telur banyak mengandung vitamin dan mineral. Termasuk vitamin B, C, D, E, K, dan banyak lagi.
  • Telur mengandung banyak peptide yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Telur merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Satu telur mengandung 6 gram protein.
  • Telur mengandung omega-3 asam lemak esensial yang sangat tinggi, itu adalah nutrisi penting dan baik untuk jantung.
  • Telur mengandung sembilan Asam Amino Esensial. Telur dikenal sebagai makanan yang sempurna karena telur adalah satu-satunya yang mengandung semua asam amino esensial yang berjumlah 9.
  • Telur dapat menurunkan kolesterol. Telur memang mengandung kolesterol, namun seperti disebutkan di atas, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi telur secara teratur memiliki LDL menurun dan peningkatan HDL (kolesterol baik).
  • Telur dapat meningkatkan kesehatan otak dan saraf. Satu butir telur mengandung 20% ​​dari asupan harian kolin yang direkomendasikan. Sekitar 90% orang Amerika kekurangan kolin. Kolin sangat penting untuk fosfolipid yang digunakan dalam semua membran sel. Kolin dalam tingkat yang memadai, penting untuk kesehatan otak dan saraf.
  • Telur mengandung Lutein dan Zeaxanthin. Karotenoid ini adalah komponen penting untuk kesehatan mata dan menjaga terhadap efek merusak dari radikal bebas.
  • Telur mengandung tryptophan dan Tirosin. Itu adalah dua asam amino yang memiliki sifat antioksidan yang hebat. Triptofan juga penting karena waktunya akan diubah ke serotonin, penambah suasana hati dan diubah menjadi melatonin pada kelenjar pineal, yang menguntungkan tidur.
  • Telur dapat mengurangi resiko degenerasi macula. Telur melindungi mata dari meningkatnya degenerasi makula terkait usia, ini manfaat dari lutein dan zeaxanthin.
  • Sumber yang baik dari Vitamin B12. Vitamin B12 adalah vitamin yang penting untuk proses mengubah homocysteine ​​menjadi molekul yang aman, seperti glutathione, antioksidan penting.
  • Telur Mengandung Kalsium. Satu telur mengandung 50mg (5%) kalsium. Meskipun bukan sumber besar kalsium, asupan meningkat dapat mengurangi risiko polyups usus besar dan kanker payudara.
  • Telur Bukan Penyebab Penyakit Jantung. Kolin dalam telur adalah nutrisi penting untuk membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit jantung.
  • Mengurangi Cacat Lahir. Telur mengandung folat, nutrisi yang penelitian telah terbukti membantu mencegah cacat lahir bila dikonsumsi sebelum lahir, satu telur mengandung 44μg (11%) dari folat.
  • Sumber yang baik dari Vitamin A. Satu telur mengandung 19% vitamin A yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan rambut Sehat dan Kuku. Belerang yang terkandung dalam telur dan tambahan vitamin dan mineral membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku.
  • Mengurangi Stres oksidatif. Selenium, suatu makronutrien esensial yang terkandung dalam telur membantu mengurangi stres oksidatif.
  • Kurangi Risiko Tumor. Telur merupakan sumber selenium yang telah dikaitkan dengan mencegah kanker dan khususnya mengurangi tumor yang mempengaruhi prostat.
  • Telur Lindungi Penglihatan. Tidak hanya mencegah degenerasi makula, tetapi antioksidan dalam telur juga telah dilaporkan untuk melindungi mata dari kerusakan yang berhubungan dengan paparan sinar UV.
  • Mengurangi Risiko Katarak. Antioksidan juga telah dikaitkan dengan mengurangi risiko terkena katarak di usia tua.
  • Berfungsi Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Zat besi yang terkandung dalam telur membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan produksi sel darah merah normal.
  • Menurunkan Berat. Dalam sebuah studi dari Louisiana State University, partisipan yang mengonsumsi telur untuk sarapan bukannya gemuk, melainkan menurunkan berat badan dan dilaporkan memiliki lebih banyak energi.
  • Kurangi Risiko Kanker Payudara. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi jumlah tinggi kolin, nutrisi yang berlimpah dalam telur, yang 24% lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan kanker payudara.
  • Sumber Vitamin D. Mayoritas penduduk adalah kekurangan vitamin D yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Satu butir telur mengandung 41 IU 600 IU merekomendasikan jumlah harian vitamin D.
  • Mengurangi Peradangan. Kolin dalam telur membantu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko osteoporosis, Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe 2.
  • Bermanfaat untuk Pembangunan Fetal. Kolin hadir dalam telur sangat penting bagi wanita hamil karena sangat penting untuk perkembangan otak janin yang tepat dan mencegah cacat tabung saraf.
  • Kurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa nutrisi dalam telur membantu mencegah penggumpalan darah yang mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.
  • Peningkatan Fungsi Memory. Vitamin dan nutrisi telur dalam jumlah yang tinggi, pada kolin tertentu, meningkatkan fungsi memori dan kognisi.
  • Telur sangat murah. Banyak bisa mendapatkan telur untuk harga yang besar ketika dibeli dari petani lokal. Pilihan lain adalah untuk memelihara ayam Anda sendiri! Tidak hanya bantuan ini menghemat uang dan menyediakan Anda dengan nilai gizi, tetapi Anda bisa menjual telur bagi mereka di daerah untuk menutupi biaya merawat mereka. 
  • Telur mudah dikonsumsi. Ada banyak cara untuk mempersiapkan telur, apakah Anda makan mentah-mentah, berebut mereka dalam minyak kelapa, atau merebus mereka. Anda juga dapat menambahkan berbagai dengan menambahkan sayuran bergizi dan rempah-rempah, seperti untuk telur dadar.
Manfaat Telur Untuk Kesehatan 4.5 5 Unknown Saturday, July 27, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Manfaat Telur Untuk Kesehatan - Telur adalah zigot yang...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar