Cara Mengobati Jerawat

 on Wednesday, July 10, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Jerawat - Jerawat adalah jenis gangguan kulit yang umumnya terjadi pada kulit wajah yang merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kondisi kulit yang tidak normal akibat kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folekul rambut dan pori-pori kulit. Jerawat adalah ganguan yang terjadi pada kulit, walaupun umumnya terjadi pada kulit wajah, namun jerawat juga bisa timbul di dada, punggung, atau bahu. Jerawat dapat mengganggu siapa saja, laki-laki, perempuan, remaja, dewasa, atau orang tua.
Untuk mengobati jerawat yang sangat mengganngu fisik atau psikis, harus diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Jerawat ditimbulkan oleh beberapa hal, antara lain:
  1. Beban pikiran atau stress.
  2. Faktor keturunan.
  3. Aktivitas hormonal yang tidak seimbang (misalnya menstruasi pada wanita).
  4. Sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyebabkan tersumbatnya folekul dan pori-pori kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  5. Bakteri propionini bacterium acnes (P. Acnes). Bakteri ini biasanya berada pada pori-pori kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
 Cara mencegah jerawat

Jerawat sangat mengganggu pisik atau psikis seseorang. Jerawat bisa dicegah, atau paling tidak dikurangi, caranya dengan menjaga kebersihan kulit khususnya kulit muka, yaitu dengan cara:
  1. Mencuci wajah secara teratur dengan menggunakan sabun khusus untuk perawatan wajah.
  2. Usahakan rambut tidak menutupi wajah, karena rambut yang kotor dapat mengotori dan menyumbat pori-pori kulit wajah.
  3. Gunakan selalu tisu wajah untuk membersihkan minyak yang terdapat pada kulit wajah.
  4. Makan makanan bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan kulit.
  5. Hindari makan makanan yang digoreng.
  6. Hindari merokok.
  7. Hindari bergadang, atau tidurlah dengan teratur dan cukup.
Untuk mengobati jerawat yang telah timbul, bisa digunakan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit, jangan menggunakan obat sembarangan yang dapat berakibat semakin buruk untuk kulit karena kandungan zat kimia yang berbahaya. Selain obat dari dokter, juga bisa menggunakan ramuan masker jerawat tradisional atau masker untuk wajah yang sangat sedikit efek sampingnya, dan bisa dibuat sendiri. Ramuan masker ini digunakan untuk pengobatan dari luar, sedangkan untuk pengobatan dari dalam, bisa dibuat obat jerawat yang diminum.

Demikian tips mengatasi jerawat, semoga bermanfaat.
Cara Mengobati Jerawat 4.5 5 Unknown Wednesday, July 10, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Jerawat - Jerawat adalah jenis gangguan kulit ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar