Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

 on Tuesday, July 23, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang - Kencing Batu dan Cara Pengobatannya. Pengertian Kencing Batu. Kencing batu adalah penyakit yang disebabkan oleh terjadinya endapan yang mengkristal pada kandung kemih dan menyumbat saluran kencing. Penyakit kencing batu sering diderita oleh orang yang terlalu banyak duduk dan sering menahan kencing dalam waktu yang lama, selain itu kebiasaan makan goreng-gorengan juga dapat menyebabkan penyakit kencing batu.
Penyakit kencing batu yang terdapat di saluran kemih adalah merupakan penyakit yang banyak diderita oleh seseorang yang memiliki pola hidup tidak teratur. Penyakit kencing batu menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada perut ketika buang air kecil atau kencing. Penyakit kencing batu merupakan gejala awal gagal ginjal. Hal ini dikarenakan terdapatnya batu pada saluran kemih yang berhubungan langsung dengan fungsi ginjal yang merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital.
Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

Cara Pencegahan Penyakit Kencing Batu

  1. Kurangi makan makanan yang digerong.
  2. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan.
  3. Secara rutin mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau dengan takaran 1-2 liter per hari, ini berguna untuk meningkatkan diuresis untuk mencegah terjadinya batu atau pengkristalan.
  4. Perbanyak bergerak atau rajin beraktivitas. Orang yang banyak bergerak memiliki resiko lebih kecil terkena kencing batu dibanding dengan seseorang yang jarang bergerak.
  5. Olahraga secara teratur akan menghindari terjadinya pengendapat urine pada kandung kemih.

Proses Terjadinya Batu pada Saluran Kencing

Terjadinya endapan batu atau pengkristalan pada kandung kemih disebabkan oleh supersaturasi. Supersaturasi merupakan bahan tertentu yang terdapat di dalam urine yang melebihi kapasitas, sehingga cairan urine tidak mampu untuk melarutkannya. Supersaturasi adalah bahan-bahan yang mengandung garam-garam dari oksalat, asam urat, sistein dan xantine. Apabila kadar garam lebih tinggi disertai dengan pengurangan volume urine akan mengakibatkan terjadinya kristalisasi atau endapan batu.

Cara Pengobatan Kencing Batu

  1. Air kendi (tempat air yang terbuat dari tanah liat). Perbanyak minum air kendi yang dingin, ini berkhasiat untuk melarutkan batu kristal pada kandung kemih. Tanda-tanda telah larutnya batu adalah air kencing menjadi keruh.
  2. Ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati kencing batu adalah air rebusan daun kumis kucing atau keji beling.
Cara Pembuatan Ramuan Obat Kencing Batu:
  1. Ambil satu genggam daun kumis kucing atau daun keji beling. 
  2. Rebus salah satu daun tersebut dengan air 1 liter. 
  3. Rebus hingga mendidih dan tersisa setengah liter. 
Cara Pengobatan Kencing Batu dengan Ramuan Daun Kumis Kucing/Keji Beling:
  1. Air rebusan salah satu daun di atas dibagi menjadi 2 gelas. 
  2. 1 gelas diminum pada pagi hari. 
  3. 1 gelas lagi diminum pada malam hari menjelang tidur. 
  4. Lakukan hingga air kencing menjadi jernih.
Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Kencing Batu dan Cara Pengobatannya 4.5 5 Unknown Tuesday, July 23, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang - Kencing Batu dan Cara Pengobatannya. Pengertian Kencing Ba...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar