Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak

 on Thursday, July 18, 2013  


Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak - Gadget adalah alat elektronik modern dan canggih yang memiliki kegunaan khusus dalam bidang teknologi informasi dan komputer (TIK). Gadget adalah perangkat elektronik canggih yang selalu update mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang tujuan utamanya membantu dan mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Gadget memiliki banyak manfaat bagi manusia, akan tetapi juga dapat menimbulkan pengaruh negatif, tergantung penggunaannya. Cantoh gadget yang sering kita lihat di antaranya adalah handphone, tablet, i-phone, ipad, smart phone, net book, note book, atau laptop.
 
Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak
Pengaruh negatif gadget bagi manusia adalah bahwa gadget dapat menimbulkan kecanduan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Gadget tentu sudah tidak asing lagi bagi kita di zaman modern dan canggih ini. Gadget sudah dikenal di semua kalangan, orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Kita dapat melihat gadget di mana-mana, baik yang dijual maupun yang sedang digunakan, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Kebanyakan dari kita orang tua beranggapan bahwa gadget bisa dimanfaatkan oleh semua umur termasuk anak-anak, bahkan gadget dianggap sebagai mainan yang cocok untuk anak-anak. Kebanyakan orang tua merasa bangga, ketika anaknya dapat mengoperasikan gadget, dianggapnya akan menjadikan anaknya lebih pintar dari anak lain. Padahal memberikan gadget pada anak, dapat menimbulkan beberapa hal yang kurang baik buat pertumbuhan struktur otak dan prilaku sosial anak.

Seperti diungkapkan oleh dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) Ketua Divisi Tumbuh Kembang Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU dr. Soetomo kepada Tabloid "Nyata", bahwa memberikan gadget kepada anak pada timing yang kurang tepat, seperti memberikan mainan yang tidak sesuai untuk anak, sehingga bisa mempengaruhi struktur otak dan perilaku anak.


Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak

Gangguan Akibat Gadget pada Anak

  1. Salah Menafsirkan Bentuk suatu Benda dengan Benda Aslinya. Kecanduan bermain gadget dapat mengganggu perkembangan anak dalam mengenal dimensi atau bentuk. Anak dapat beranggapan, bahwa bentuk gajah dan semut itu sama, ketika ditampilkan dalam layar penuh pada gadget, sehingga anak tidak mampu mengenal bentuk sesungguhnya di dunia nyata, selain itu, kemampuan anak dalam menganalisa masalah akan terganggu.
  2. Kehidupan Sosial Anak Terganggu. Asyiknya bermain gadget, menyebabkan seorang anak tidak perduli dengan lingkungan sekitarnya, sehingga kemampuan sosialisasi anak tidak berkembang dengan baik.
  3. Tidak Terstimulasinya Motorik Kasar pada Anak. Bermain gadget pada anak berakibat buruk pada motorik kasar anak, hal itu tidak akan merangsang motorik kasar pada anak, yaitu fisik anak, misalnya berlari, melompat, meloncat, melempar, menangkap, menendang, dan gerakan lain yang berhubungan dengan motorik kasar anak.
  4. Anak Terbiasa Diam, sehingga Sulit Berbicara. Bermain gadget yang mengandalkan penglihatan dan kelincahan jari tangan, sehingga dalam bermain gadget, anak hanya diam tanpa bicara dalam waktu yang cukup lama, sehingga perkembangan bicara pada anak terhambat, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam berbicara.
Melihat akibat yang ditimbulkan oleh bermain gadget pada anak di atas, maka hendaknya para orang tua harus berhati-hati dalam memberikan gadget kepada anak sebagai mainan. Dalam bermain gadget, anak harus selalu diawasi. Aturlah jadwal bermainnya, sehingga perkembangan anak tetap bisa berjalan dengan normal.

Demikian, semoga bermanfaat.
Sumber: Tabloid Nyata, oleh dr. Ahmad Suryawan
Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak 4.5 5 Unknown Thursday, July 18, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Gadget Bisa Menimbulkan Gangguan Bagi Anak - Gadget adalah a...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar