Budidaya Kroto Diganggu Kucing

 on Wednesday, July 3, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Budidaya kroto diganggu kucing - Kunci sukses sebuah budidaya salah satunya adalah terhindar dari para pengganggu, demikian juga dengan budidaya kroto. Budidaya kroto yang dilakukan oleh para anggota KTT Saraswati Desa Tambaharjo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah ini juga tidak luput dari gangguan. Salah satu pengganggunya adalah kucing. Banyaknya kucing yang berkeliaran di rumah, bisa berakibat fatal bagi budidaya semut rangrang penghasil kroto ini. Bagaimana tidak? Kucing yang sedang mencari makan, tanpa sengaja mereka akan naik ke rak budidaya, dan akibatnya sarang toples bisa terguling atau bahkan berantakan karena ulah sikucing, dan akan semakin parah ketika kucing mulai diserang rangrang.
Budidaya Kroto Diganggu Kucing

Untuk menghindari hal itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para pembudidaya untuk menghindari kejailan kucing ini. Untuk menghindari sarang toples terguling, kita bisa meletakkan pemberat di atas sarang toples, sehingga toples tidak mudah terguling ketika tersentuh atau terdorong pengganggu. Pemberian pemberat seperti misalnya batu bata, mungkin akan sedikit membuat pandangan di kandang atau sarang kurang bagus, sehingga disarankan, untuk menghindari pengganggu, kita hendaknya membuat kandang atau rak di dalam ruangan khusus yang dapat ditutup dengan rapat, sehingga kucing atau pengganggu lainnya, seperti tikus tidak dapat masuk.
Budidaya Kroto Diganggu Kucing

Ada beberapa peternak yang menurut seorang sumber, mereka menggunakan jaring disekeliling rak sarang atau kandang, sehingga kucing atau pengganggu lainnya tidak bisa masuk, termasuk manusia.

Untuk menghindarikan gangguan kucing atau tikus, sebaiknya jangan memberikan makanan pada semut rangrang dengan berlebih, usahakan pas takaran saja sehingga tidak ada sisa yang terdapat di luar sarang toples, sehingga tidak menarik perhatian kucing atau tikus untuk ikut menyentapnya.

Salah satu hal yang sangatlah penting yang tidak boleh kita tinggalkan agar budidaya kroto kita terhindar dari gangguan apapun adalah dengan cara berdo'a kepada Tuhan Allah SWT, melaksanakan ibadah Sholat lima waktu, dan kewajiban lain kita kepada-Nya, karena semua rezeki Allah lah yang mengaturnya.

Demikian semoga bermanfaat.
Budidaya Kroto Diganggu Kucing 4.5 5 Unknown Wednesday, July 3, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Budidaya kroto diganggu kucing - Kunci sukses sebuah budidaya...


1 comment:

  1. makasih atas info nya,sy baru aja mulai ternak perkrotoan ini,postingan nya sangat membantu saya yang masih pemula,semoga sukses....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar