Pengertian Bangun Ruang Matematika

 on Monday, July 15, 2013  

Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Bangun Ruang Matematika - Bangun ruang merupakan salah satu materi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Materi bangun ruang dipelajari mulai dari kelas V SD dan di lanjutkan di kelas VI SD. Materi bangun ruang merupakan salah satu materi yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bagi para peserta didik atau siswa, untuk itu dalam menyampaikan materi ini, seorang guru harus pandai-pandai mencari model pembelajarn yang tepat, selain itu juga harus menggunakan alat peraga yang tepat agar pembelajaran bisa berhasil. Alat peraga yang tepat dalam menyampaikan materi bangun ruang contohnya adalah media bangun ruang, baik yang terbuat dari plastik, maupun bekas bungkus apa saja yang berbentuk bangun ruang, juga dapat menggunakan media besi yang berupa kerangka bangun ruang serta jaring-jaring bangun ruang.
Pengertian Bangun Ruang Matematika

Bangun ruang menurut Sumanto (2008:58) disebut juga bangun tiga dimensi. Bangun ruang merupakan sebuah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi. Jumlah dan model yang membatasi bangun tersebut menentukan nama dan bentuk bangun tersebut, misalnya bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang sama ukuran dan bentuknya disebut kubus, bangun yang dibatasi oleh 6 sisi yang mempunyai ukuran panjang dan lebar/persegi panjang disebut balok dan prisma, bangun yang dibatasi oleh sisi lengkung dan dua buah lingkaran disebut Tabung. Jumlah serta model sisi yang dimiliki oleh sebuah bangun tertentu merupakan salah satu sifat bangun ruang tersebut. Jadi, sifat suatu bangun ruang ditentukan oleh jumlah sisi, model sisi, dan lain-lain.

Prisma adalah bangun ruang yang bentuk sisi alas dan bentuk sisi atasnya sama. Balok, kubus, dan tabung merupakan berbagai bentuk prisma khusus. Balok adalah bangun ruang yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dan tiap persegi panjang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Tiga pasang persegi panjang itu merupakan sisi-sisi balok itu.

Pengertian Bangun Ruang Matematika

Kubus merupakan bangun ruang yang dibentuk oleh enam persegi berukuran sama yang merupakan sisi-sisi kubus tersebut. Pada kubus, semua rusuknya sama panjang.
Pengertian Bangun Ruang Matematika

Prisma segitiga adalah prisma dengan alas berbentuk segitiga. Prisma segitiga dibedakan menjadi empat jenis.
  1. Prisma segitiga dengan alas segitiga siku-siku.
  2. Prisma segitiga dengan alas segitiga sama kaki.
  3. Prisma segitiga dengan alas segitiga sama sisi. 
  4. Prisma segitiga dengan alas segitiga sembarang.
Pengertian Bangun Ruang Matematika
Tabung merupakan prisma tegak yang alasnya berbentuk lingkaran. Contoh benda yang berbentuk tabung antara lain drum, kaleng susu, dan pipa air.
 
Pengertian Bangun Ruang Matematika 4.5 5 Unknown Monday, July 15, 2013 Selamat datang di blog Saraswati Update, Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Bangun Ruang Matematika - Bangun ruang merupakan s...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar