Belut dan Nilai Gizinya

 on Saturday, May 18, 2013  

Belut dan Nilai Gizinya - Saraswati Update - Belut adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di persawahan dan rawa-rawa yang memiliki bentuk seperti ular, yaitu bulat panjang dan berlendir/licin. Belut (Monopterus albus) merupakan ikan darat dari keluarga Synbranchidae dan tergolong ordo Synbranchiodae, yaitu ikan yang tidak mempunyai sirip atau anggota lain untuk bergerak. Meskipun ikan ini kelihatan tidak menarik, bahkan sebagian orang merasa jijik melihat apalagi memegangnya, namun di balik semua itu, ada sesuatu yang istimewa yang dimiliki oleh ikan yang sangat licin ini. Sesuatu yang istimewa itu adalah nilai gizinya yang sangat tinggi yang sangat baik sebagai lauk-pauk. Beberapa zat berguna yang terkandung di dalam daging belut, di antaranya adalah:

Belut dan Nilai Gizinya
  1. Arginin. Arginin adalah asam amino nonesensial yang terdapat pada belut dapat memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HGH). HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
  2. Asam amino. Asam amino yang berguna bagi tubuh, yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Leusin dan isoleusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa.
  3. Hormon kalsitonin. Hormon ini memiliki berfungsi untuk yang sangat baik bagi kesehatan manusia, terutama untuk memelihara kekuatan tulang.
  4. Kalor/energi. Nilai energi belut sangat tinggi, yaitu 303 kkal per 100 gram daging belut. Nilai energi belut jauh lebih tinggi dibandingkan telur (162 kkal/100 g tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 g).  Hal itulah yang menyebabkan belut sangat baik digunakan sebagai sumber energi.
  5. Protein. Kandungan protein pada belut (18,4 g/100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g). Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi bayi maupun usia lanjut.
  6. Zat besi. Kandungan zat besi pada belut adalah 20 mg/100 g, kandungan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan zat besi pada telur dan daging (2,8 mg/100g). Konsumsi 125 gram belut setiap hari telah memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, yaitu 25 mg per hari. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk mencegah anemia gizi, yang ditandai oleh tubuh yang mudah lemah, letih, dan lesu. Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh. Itulah yang menyebabkan gejala utama kekurangan zat besi adalah lemah, letih, dan tidak bertenaga. Zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.
  7. Fosfor. Kandungan fosfor pada daging belut, nilainya dua kali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi. Fungsi fosfor adalah sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.
  8. Vitamin A. Kandungan Vitamin A pada daging belut mencapai 1.600 SI per 100 g membuat belut sangat baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, penglihatan, dan proses reproduksi.
  9. Vitamin B. Vitamin B umumnya berperan sebagai kofaktor dari suatu enzim, sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah. 
 
Belut dan Nilai Gizinya 4.5 5 Unknown Saturday, May 18, 2013 Belut dan Nilai Gizinya - Saraswati Update - Belut adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di persawahan dan rawa-rawa yang memiliki b...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar