Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan

 on Saturday, May 4, 2013  

Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan - Saraswati Update - Kotoran ternak adalah benda yang keluar dari pembuangan hewan. Wujud kotoran ternak sangat menjijihkan sehingga sebagian orang merasa bahwa benda itu tidak berguna dan harus disingkirkan jauh-jauh alias dibuang. Sebenarnya kotoran ternak memiliki banyak manfaat bagi kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Kotoran yang baru keluar dari perut hewan ternak jangan langung digunakan sebagai pupuk, karena masih dalam proses penguraian yang menimbulkan suhu yang tinggi, sehingga apabila langsung diberikan kepada tanaman sebagai pupuk, tanaman akan layu bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Kotoran ternak mengandung carbon dan nitrogen, kandungan carbon lebih tinggi dari pada nitrogen, pada kondisi kotoran masih baru merangsang pertumbuhan bakteri pengurai yang bekerja dalam proses dekomposisi yang mengakibatkan naiknya suhu tanah yang dapat mengakibatkan tanaman menjdai layu dan mati jika langsung digunakan untuk pemupukan tanaman. Selain itu, bakteri yang tumbuh akibat proses tersebut akan melakukan persaingan dengan tanaman dalam mengambil nitrogen dari tanah. Jika nitrogen dari tanah tidak mencukupi kebutuhan bakteri, akibatnya bakteri akan menyerap nitrogen dari tanaman tersebut, akibatnya tanaman kekurangan nitrogen yang berakibat daun tanaman menjadi menguning dan layu.

Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan

Proses penguraian kotoran oleh bakteri akan selesai setelah kandungan carbon pada kotoran ternak menurun tinggal sedikit. Pada kondisi ini kotoran telah mengalami pematangan ditandai dengan suhunya sudah dingin, sehingga sudah dapat digunakan sebagai pupuk organik dan bisa diaplikasikan untuk pemupukan tanaman.

Ciri-ciri pupuk kandang yang sudah matang antara lain:
  1. Wujudnya telah berubah dari aslinya
  2. Baunya telah berkurang dan berubah tidak menyengat
  3. Suhunya berubah menjadi dingin
  4. Teksturnya kering dan mudah remuk jika digenggam
Sebaiknya kotoran ternak yang akan digunakan sebagai pupuk kandang diolah dulu, memang meskipun tidak diolah, lama kelamaan akan berubah sendiri menjadi pupuk kandang secara alami, namun membutuhkan waktu yang cukup lama, dan dalam waktu itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang membahayakan kesehatan manusia. Untuk itu, untuk menghindari pencemaran, maka sebaiknya kotoran ternak yang baru harus segera diolah menjadi pupuk kandang.

Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan 4.5 5 Unknown Saturday, May 4, 2013 Kotoran Ternak yang Masih Baru Jangan Langsung Digunakan - Saraswati Update - Kotoran ternak adalah benda yang keluar dari pembuangan hew...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar