Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha

 on Wednesday, May 22, 2013  

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha - Saraswati Update - Koi adalah ikan hias yang memiliki warna tubuh yang sangat menarik. Koi adalah jenis ikan hias yang cocok dipelihara di kolam, karena keindahan dan kemolekan warna tubuhnya akan lebih menarik jika dilihat dari atas, meskipun sebenarnya di akuarium yang dilihat dari samping juga terlihat indah, akan tetapi lebih menarik lagi jika dilihat dari atas. Koi adalah ikan yang bukan hanya semata untuk dinikmati pola belang warnanya yang indah sebagai kesenangan belaka, namun juga dapat digunakan sebagai alternatif usaha yang memiliki nilai bisnis yang sangat menguntungkan. Ikan koi merupakan ikan primadona di dunia ikan hias air tawar saat ini. Penggemarnya mulai dari kelas ekonomi menengah hingga ekonomi atas dan yang lebih menarik sebagai peluang usaha budidaya adalah harganya yang fantastis.

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha

Pada awalnya ikan koi dibudidayakan di Jepang, namun karena nilai bisnisnya sangat menggiurkan, maka hampir seluruh negara-negara di dunia ini bersaing membudidayakan ikan koi. Mereka bersaing untuk meningkatkan mutu ikan koi yang dihasilkan, sehingga harganyapun akan semakin tinggi. Itulah menariknya, mereka para penggemar ikan koi, bukan membeli ikannya, namun membeli keindahan dan kemolekan warna belang yang memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga mereka berani membayar mahal untuk seekor ikan bertubuh molek ini.

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha

Ada 4 kriteria ikan koi yang memiliki kualitas tinggi sesuai standar internasional, yaitu (1) ukuran tubuhnya proporsional, (2) bentuk tubuhnya sempurna, (3) warnanya terlihat cerah, dan (4) pola warnanya jelas terlihat batas-batasnya. Banyak ikan koi yang dijual dengan harga murah, itu karena koi tersebut tidak sesuai dengan standar tersebut, atau mungkin hanya memenuhi satu atau dua standar tersebut. Untuk dapat membuat ikan koi agar memenuhi kriteria tersebut, seorang pembudidaya koi harus memperhatikan cara budidaya koi dan melakukannya dengan benar.

Ikan koi ynag memenuhi kriteria di atas akan memiliki performa dan penampilan yang sempurna sebagai ikan hias kelas atas, sehingga harga jualnya otomatis akan sangat tinggi. Ikan koi yang sempurna menurut standar internasional tersebut akan dihargai dengan sangat tinggi, tidak tanggung-tanggung bisa sama bahkan melebihi harga mobil, bisa mencapai ratusan juta rupiah, bahkan hingga milyaran rupiah. Itu sangat menakjubkan bukan.

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha

Tidak semua ikan koi yang ditetaskan akan memenuhi kriteria tersebut, meskipun bibitnya unggul, namun menurut pengamatan, hanya sekitar 5%  dari 50.000 ekor yang menjadi koi berkualitas. Untuk mendapatkan koi yang berkualitas, para pembudidaya harus melakukan seleksi ketat terhadap hasil produksinya.

Mengapa banyak penggemar yang rela melepaskan uang ratusan juta rupiah untuk seekor ikan koi? Dengan memiliki koi yang berkualitas, mereka dapat mengikuti kontes koi yang hadiahnya milyaran rupiah, selain itu kebanggaan dan kepuasan adalah hal yang paling utama dibandingkan dengan hadiahnya.

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha

Beberapa jenia ikan koi yang menjadi unggulan di antaranya adalah jenis kohaku, sanke, dan showa. Menggiurkan bukan? Ikan koi memang sangat menguntungkan untuk dibudidayakan. Demikian, semoga bermanfaat.

Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha 4.5 5 Unknown Wednesday, May 22, 2013 Budidaya Koi Alternatif Peluang Usaha - Saraswati Update - Koi adalah ikan hias yang memiliki warna tubuh yang sangat menarik. Koi adala...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar