Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita

 on Wednesday, May 8, 2013  


Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita - Saraswati Update - Pohon kelapa adalah tumbuhan yang berasal dari pesisir Samudera Hindia dan telah menyebar ke seluruh daeran beriklim tropik. Pohon kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Tumbuhan ini dapat tumbuh di tempat yang ketinggiannya hingga mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan. Pohon kelapa tumbuh dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Pohon kelapa memiliki akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol.

Pohon kelapa mudah beradaptasi pada lahan berpasir seperti di pantai. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik). Pohon kelapa yang memiliki nama latin Cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Semua bagian tumbuhan kelapa dapat dimanfaatkan sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir.

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita

Kelapa adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini. Bentuk buah kelapa ada yang bulat dan ada yang lonjong, berwarna, hijau dan kuning, jika sudah tua berwarna coklat. Buah kelapa tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. Endospermium berupa cairan yang mengandung banyak enzim, dan fase padatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan semakin tuanya buah; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah yang oleh orang Jawa disebut kentos.

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita

Manfaat pohon kelapa

Dari ujung bawah sampai ujung atas bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Akarnya bisa digunakan untuk obat, batangnya untuk bahan bangunan, daunnya untuk dibuat atap, daun yang masih muda yang disebut janur dapat digunakan untuk hiasan upacara pernikahan dan untuk bungkus lemper, makanan khas Jawa yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa. Selain sabut, tulang daun pohon kelapa juga bisa dibuat sapu lidi dan tusuk sate.

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita
  
Manfaat buah kelapa

Demikian juga dengan buahnya, buah kelapa banyak manfaatnya, mulai dari sabutnya, bisa dijadikan sapu dan kerajinan yang berniali ekonomis tinggi, seperti sandal, kasur, matras, dan lain-lain, tempurung kelapa bisa dibuat arang yang sangat laku di pasaran untuk membakar sate, arang tempurung kelapa memiliki nilai jual yang lumayan tinggi, selain itu, tempurung juga dapat dibuat kerajinan tangan, buah kelapa bisa dibuat minyak kelapa dan santan untuk bumbu masakan, dan air kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat nata de coco. Sisa parutan kelapa bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, seperti ayam, itik, bebek, dan ternak lainnya.

Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita 4.5 5 Unknown Wednesday, May 8, 2013 Manfaat Pohon Kelapa untuk Kita - Saraswati Update - Pohon kelapa adalah tumbuhan yang berasal dari pesisir Samudera Hindia dan telah m...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar