Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

 on Friday, May 24, 2013  

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan - Saraswati Update - Sirih adalah tanaman merambat yang tingginya dapat mencapai 15 meter yang hidup merambat pada tanaman lain. Sirih biasanya dimanfaatkan daunnya. Daun sirih berbentuk seperti jantung dan ujungnya runcing. Bunga sirih majemuk dan berbentuk bulir. Tanaman ini mudah tumbuh, perawatannyapun tergolong sangat mudah. Kebanyakan orang menanam sirih untuk keperluan sendiri, dan sebagian lagi untuk dijual ke pasar.

Sirih dalam bahasa Jawa disebut sebagai suruh adalah tanaman yang secara umum dimanfaatkan daunnya sebagai obat. Tanaman sirih adalah tanaman asli Indonesia yang merupakan tanaman yang tumbuhnya merambat pada tumbuhan lain. Kebiasaan orang jaman dahulu dan sampai sekarang juga masih ada yang melakukannya, yaitu mengunyah daun sirih yang dicampur dengan gambir, buah pinang (jambe), dan kapur. Kebiasaan ini sebenarnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi orang yang suka mengunyah daun sirih, terbukti giginya utuh hingga lanjut usia, mereka juga biasanya jarang terserang penyakit.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sejak dulu daun sirih telah dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Daun sirih dapat angsung dimanfaatkan tanpa melalui proses tertentu. Selain itu, daun sirih juga dapat diolah menjadi minyak atsiri. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Pemanfaatan daun sirih secara langsung yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah jika mereka mengalami pendarahan dihidung (mimisan). Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun sirih segar, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Beberapa manfaat daun sirih adalah sebagai obat batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demam berdarah, mengatasi bau mulut, melancarkan haid, mengurangi asma, radang tenggorokan, gusi bengkak, membersihkan mata, mengurangi bau ketika, eksim, luka bakar, koreng (pyodermi), kurap kaki, bisul, mimisan, perdarahan pada gusi, menghilangkan rasa gatal, dan masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Demikian semoga bermanfaat.
Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan 4.5 5 Unknown Friday, May 24, 2013 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan - Saraswati Update - Sirih adalah tanaman merambat yang tingginya dapat mencapai 15 meter yang hidup me...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar