Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan

 on Friday, May 10, 2013  

Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan - Pakan lele adalah makanan untuk ikan lele yang merupakan sumber energi dan pertumbuhan serta perkembangbiakan lele. Pakan lele di alam adalah hewan-hewan kecil yang terdapat di sekitar habitat lele, di antaranya cacing, anak katak, plankton, jasad renik, dan hewan-hewan kecil lainnya. Seiring perkembangan teknologi, maka pakan lele ini telah banyak diproduksi secara masal oleh pabrik. Dengan pakan lele pabrikan ini, maka lele semakin mudah untuk dibudidayakan sebagai alternatif usaha untuk menambah penghasilan keluarga.

Dengan pakan lele pabrikan/pelet, umur pemeliharaan lele menjadi lebih cepat, dalam waktu maksimal 2 bulan, lele sudah siap untuk dipanen. Namun di balik kemudahan itu, sekarang ini timbul masalah baru, yaitu semakin mahalnya harga pakan lele pabrikan/pelet, sementara peningkatan harga jual lele belum bisa maksimal, atau bisa dikatakan bahwa harga lele dari dulu hingga sekarang tetap saja pada kisaran Rp. 10.000,- hingga Rp. 12.000,- per kg. Hal ini yang mengakibatkan para peternak lele merugi. Harga pakan semakin mahal tetapi harga lele tetap.

Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan

Hal ini perlu dicarikan solusinya. Berbagai usaha dan uji coba telah dilakukan oleh para peternak lele yang kreatif. Dengan mencoba meramu pakan lele sendiri agar biaya produksinya bisa ditekan serendah mungkin. Ada beberapa peternak yang belum menemukan resep yang ampuh, yang ada lele tidak mau besar. Tetapi ada juga peternak yang telah menemukan resep mujarab ramuan pakan lele sederhana yang kualitasnya hampir menyamai pakan pabrikan/pelet.

Berikut ini kami sampaikan trik dan tips bagaimana cara membuat pakan lele berkualitas dengan bahan yang murah yang mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar kita. Resep ini telah banyak dipraktikan oleh para peternak lele dan hasilnya cukup memuaskan, jika ingin mencobanya, inilah resepnya:
Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan

Bahan-Bahan
  1. Daun turi
  2. Daun lamtoro
  3. Daun pepaya
  4. Daun kangkung
Resep ini tetap masih membutuhkan sumbangan protein dari pelet, namun jumlah pelet yang dibutuhkan tidak begitu banyak. Dalam waktu 2 bulan dengan bibit lele sebanyak 1000 ekor hanya membutuhkan pelet pabrikan sebanyak 42 kg. Sementara jika budidaya lele murni menggunakan pakan pelet, untuk 1000 ekor lele sampai panen membutuhkan pelet sebanyak 80 kg.

Cara Pemberian Pakan Lele
  1. Pada minggu I, benih lele ukuran 5-7 cm diberi pakan pelet sebanyak 2 kg, pada minggu II diberi pakan pelet sebanyak 3 kg, pada minggu III diberi pakan pelet sebanyak 4 kg.
  2. Pada minggu IV ini lele sudah mulai diberi makan daun-daunan dan masih tetap diberi pakan pelet. Pada minggu IV diberi pakan berupa pelet 4 kg, daun turi 2 kg, lamtoro, 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 1 kg. Daun-daunan tersebut harus dipotong kecil-kecil agar lele mudah untuk memakannya.
  3. Pada minggu V diberi pakan pelet 5 kg, turi 2 kg, lamtoro 1 kg, pepaya 2 kg, dan kangkung 2 kg.
  4. Pada minggu VI diberi pakan pelet 6 kg, turi 3 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 3 kg, dan kangkung 3 kg.
  5. Pada minggu VII diberi pakan pelet 8 kg, turi 4 kg, lamtoro 2 kg, pepaya 4 kg, dan kangkung 4 kg.
  6. Pada minggu VIII diberi pakan pelet 10 kg, turi 5 kg, lamtoro 3 kg, pepaya 5 kg, dan kangkung 5 kg.
Setelah lele berumur IV minggu, pemberian daun-daunan dapat langsung diberikan tanpa dipotong kecil-kecil, karena pada umur IV minggu lele sudah mulai besar dan kuat. Daun kangkung dapat diganti dengan daun enceng gondok atau daun singkong. Demikian resep sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat. Mari kita selalu bertukan info yang bermanfaat, semoga mendapatkan berkah.

Demikian Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan, semoga bermanfaat.

Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan 4.5 5 Unknown Friday, May 10, 2013 Pakan Lele Murah Memanfaatkan Daun-Daunan - Pakan lele adalah makanan untuk ikan lele yang merupakan sumber energi dan pertumbuhan serta ...


2 comments:

  1. makasih ilmunya, saya baru nyoba nernakin lele pakai kolam semen...
    Obat Kanker

    ReplyDelete
  2. kalo dulu saya makeknya daun singkong, soalny banyak d tempat sy

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar