Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita

 on Wednesday, May 29, 2013  

Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita - Saraswati Update - Jahe Merah atau yang nama latinnya Zingiber Officinale Varietas Rubrum adalah tumbuhan berakar rimpang yang digunakan sebagai bumbu masak dan obat-obatan tradisional. Bagian tumbuhan ini yang dimanfaatkan adalah akar rimpangnya atau umbinya. Kandungan minyak atsiri pada jahe merah cukup banyak. Jahe merah memiliki bau harum yang khas beraroma dan berasa pedas sehingga sangat segar bila dibuat wedang/minuman penghangat badan. Rasa pedas dalam jahe merah disebabkan karena adanya senyawa keton (zingeron). Tumbuhan jahe merah termasuk ke dalam suku Zingiberaceae.
Jahe merah yang diberi nama zingiberi (bahasa Yunani) oleh William Roxburgh memiliki banyak manfaat, baik sebagai bumbu masakan maupun sebagai obat-obatan, selain itu juga bisa dibuat minuman segar yang menghangatkan dan menyehatkan badan. Jahe merah telah terkenal sebagai tumbuhan obat herbal sejak jaman dahulu khususnya di China, yaitu untuk mengobati penyakit ginjal dan untuk memperbaiki fungsi kerja limpa. Di Indonesia, jahe dimanfaatkan sebagai rempah dan bumbu masak.

Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita

Jahe merah sekarang ini sedang marak dibudidayakan oleh masyarakat karena khasiatnya yang sangat banyak, juga harganya yang tergolong tinggi. Beberapa pabrik farmasi telah menawarkan peluang kerjasama dalam hal penanaman tumbuhan herbal yang satu ini yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari jahe merah ini antara lain sebagai obat masuk angin, batuk, reumatik, sakit kepala, dan pegel linu. Bahkan budidaya jahe memberikan peluang usaha yang sangat menjanjikan.
Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita
Cara mengkonsumsi jahe merah sebagai obat sangat mudah, bisa hanya dengan direbus saja dan air rebusannya diminum, namun kebanyakan orang memilih untuk dibuat minuman atau wedang jahe, wedang ronde, yaitu rebusan jahe dicampur dengan gula merah atau gula jawa ditambah susu kental manis, sehingga di samping berkhasiat, rasanya juga sangat menyegarkan.

Bagi penderita maag, tidak dianjurkan mengkonsumsi jahe karena mengandung senyawa gingerol, yang bisa menyebabkan lambung menjadi panas. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi jahe karena bisa mengakibatkan keguguran janin yang dikandung.
Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita 4.5 5 Unknown Wednesday, May 29, 2013 Jahe Merah Sangat Bermanfaat Bagi Kita - Saraswati Update - Jahe Merah atau yang nama latinnya Zingiber Officinale Varieta...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar