Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP

 on Monday, May 20, 2013  

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP - Saraswati Update - Salah satu jenis usaha yang dapat mendatangkan keuntungan adalah usaha perikanan. Usaha bidang perikanan yang bisa dan biasa dilakukan di pedesaan adalah budidaya pembesaran dan pembenihan. Umumnya masyarakat pedesaan memilih budidaya pembesaran dengan alasan dapat diusahakan dengan mudah dan tidak ribet. Seperti yang kami (KTT Saraswati) lakukan, melalui sub kelompok Pokdakan Mina Saraswati, kami membudidayakan pembesaran ikan gurame. Ikan gurame yang kami budidayakan adalah hasil bantuan pemerintah melalui program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP). 

Dari bantuan pemerintah inilah kami memilih ikan gurame sebagai ikan budidaya yang kami anggap dapat memberikan keuntungan. Alasan kami memilih ikan gurame adalah karena ikan ini dapat hidup dengan pakan alami berupa daun-daunan meskipun masa panennya tergolong sangat lama yang mencapai 7 bulan mulai dari ukuran bungkus rokok. Dengan alasan biaya produksi berupa pakan inilah kami Pokdakan Mina Saraswati yang berinduk pada KTT Saraswati memilih ikan gurame sebagai alternatif usaha.

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP

Kami memperoleh bantuan sosial berupa PUMP ini sekitar bulan November 2012 lalu sejumlah Rp. 65.000.000,-. Bantuan tersebut kami belanjakan sesuai rencana usaha kelompok untuk pembelian benih ikan gurame, pakan ikan, obat-obatan, dan peralatannya. Sampai saat ini ikan gurame yang kami pelihara sudah mulai besar-besar dan ada sedikit yang mengalami kematian akibat penyakit. Diperkirakan awal musim kemarau nanti atau menjelang lebaran Idul Fitri, ikan gurame kami sudah dapat dipanen.

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP

PUMP adalah program pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Kami mengakses program PUMP ini melalui dinas terkait, yaitu Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kebumen. Informasi tentang adanya program ini kami peroleh dari dinas terkait dan pemberitaan di internet.

Ini adalah peluang permodalan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia yang berusaha di bidang perikanan khususnya perikanan budidaya. Pada Blog ini juga kami postingkan contoh proposal permohonan bantuan PUMP-PB, silahkan bagi yang menghendaki bisa untuk acuan dan contoh pembuatan proposalnya.

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP

Program PUMP ini adalah bentuknya stimulant penambah modal kelompok bagi kelompok yang telah bergerak di bidang budidaya perikanan, bukan kelompok yang baru yang belum mengusahakan budidaya perikanan. Sebelumnya kelompok kami telah melakukan budidaya perikanan berupa pembesaran ikan lele yang notabene biaya produksinya sangat tinggi, sehingga tidak sedikit anggota kelompok kami yang hasil produksinya pas-pasan untuk menutup biaya produksi tersebut, bahkan ada yang sampai merugi karena perkembangan lelenya tidak merata alias ada yang tumbuh besar dan ada yang tetap kerdil sehingga target panen tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP

Dengan bantuan permodalan PUMP ini mudah-mudahan kelompok kami dapat mendapatkan keuntungan untuk menambah penghasilan keluarga. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin bertanya sesuatu, silahkan tulis pada kotak komentar di bawah ini, mudah-mudahan kami bisa bantu mengatasi kesulitan. Bersama ini kami sertakan beberapa foto proses penyebaran benih pada kolam-kolam anggota kelompok kami.

Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP 4.5 5 Unknown Monday, May 20, 2013 Usaha Budidaya Perikanan melalui Program PUMP - Saraswati Update - Salah satu jenis usaha yang dapat mendatangkan keuntungan adalah usa...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar