Sunday, May 5, 2013

Cara Membuat Insektisida Organik

Cara Membuat Insektisida Organik - Saraswati Update - Insektisida adalah bahan-bahan kimia yang bersifat racun yang biasanya digunakan oleh para petani atau masyarakat umum untuk membunuh serangga. Fungsi Insektisida terhadap serangga yaitu dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, tingkah laku, perkembangbiakan, kesehatan, sistem hormon, sistem pencernaan, serta aktivitas biologis lainnya hingga berujung pada kematian serangga pengganggu tanaman. Insektisida termasuk salah satu jenis pestisida. Karena insektisida ini mengandung bahan-bahan kimia, maka dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan jika pemakaiannya secara berlebihan, bahkan dapat mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu diciptakanlah insektisida organik oleh para ahli pertanian.

Cara Membuat Insektisida Organik

Insektisida organik adalah ramuan yang dibuat secara khusus dari bahan-bahan organik (alami) yang digunakan oleh para petani untuk membasmi serangga dan hama tanaman lain yang mengganggu tanaman, baik tanaman buah-buahan maupun sayur-sayuran. Insektisida organik ini dibuat dengan bahan-bahan yang tidak mengandung zat kimia, sehingga tidak memiliki efek samping terhadap tanaman, tanah, lingkungan, maupun manusia itu sendiri. Ini adalah teknologi baru di bidang pertanian sebagai pengganti insektisida buatan pabrik yang mengandung zat kimia. Insektisida organik ini, selain dapat membasmi serangga dan hama tanaman, juga dapat berfungsi sebagai pupuk organik.

Dalam membuat insektisida organik, kita membutuhkan beberapa peralatan, di antaranya blender atau mesin penghalus lainnya, saring atau kain kasa, ember, drum atau tong plastik, kayu untuk mengaduk, untuk menghindari bau menyengat dari proses pembuatan insektisida organik ini bisa juga kita gunakan masker untuk penutup hidung.

Bahan-bahan insektisida organik:
  1. Buah maja
  2. Mengkudu (pace)
  3. Umbi gadung
  4. Biji mahoni dan daunnya
  5. Akar serai (kamijoro/kamijara)
  6. Jahe
  7. Bawang putih
  8. Bawang merah
  9. Daun cocor bebek
  10. Daun dlingo
  11. Brotowali
  12. Daun mindi
  13. Daun tembakau
  14. Kulit pasak bumi
  15. Kapur
  16. Garam
  17. Air
Berikut kami sampaikan, bagaimana cara membuat insektisida organik:

Haluskan semua bahan, setelah halus, campurkan dengan air dan aduk hingga rata sampai menjadi seperti bubur. Tempatkan larutan tersebut ke dalam drum atau tong untuk proses pengendapan selama 3 hari. Setelah 3 hari, saring larutan tersebut untuk mendapatkan airnya. Cairan insektisida organik siap digunakan.

Cara pemakaiannya, larutkan satu tutup jerigen insektisida organik dengan 14 liter air. Jangan menggunakan air ledeng atau PDAM, karena dapat merusak kualitas insektisida organik tersebut. Semprotkan larutan tersebut ke tanaman yang terserang hama atau penyakit secara merata.

Demikian semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. kalo salah satu dari bahan terdebut gak adda gimana pak?

    ReplyDelete
  2. bisa untuk membasmi hama apa saja pak insek organiknya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar