Lobster Air Tawar dan Peluang Usahanya

 on Tuesday, May 21, 2013  

Lobster Air Tawar dan Peluang Usahanya - Saraswati Update - Lobster air tawar adalah udang jenis cherax quadricarinatus yang berasal dari Queensland, Australia yang lebih dikenal dengan nama red claw. Udang ini memiliki warna biru laut nan cantik, sehingga, selain dibudidayakan sebagai udang konsumsi juga sebagai udang hias di akuarium. Budidaya lobster air tawar adalah sebuah peluang usaha yang kini sedang marak dilakukan oleh para peternak.

Peluang usaha budidaya lobster air tawar sangat terbuka lebar, karena permintaan pasar akan lobster konsumsi maupun lobster hias sangat tinggi sedangkan pasokannya dari para peternak masih sangat rendah. Budidaya lobster dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan sebagai tambahan penghasilan keluarga, selain mudah dibudidayakan, lobster juga tahan terhadap serangan penyakit, dan yang lebih menguntungkan, pakan lobster sangat melimpah tersedia di alam yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah.

Lobster Air Tawar dan Peluang Usahanya

Peluang usaha budidaya lobster air tawar ini masih sangat besar mengingat kebutuhan masyarakat akan gizi juga kian hari kian meningkat. Untuk meraih sukses budidaya lobster, peternak harus mengetahui sifat-sifat lobster, kebiasaan hidup lobster, dan pakan lobster. Usaha budidaya lobster air tawar dapat dilakukan sebagai usaha skala rumah tangga ataupun skala industri yang besar. Untuk skala rumah tangga, peternak bisa memanfaatkan akuarium sebagai media budidaya, selain sebagai udang hias, juga dapat mendatangkan keuntungan.

Selain akuarium, peternak bisa membuat media budidaya sendiri dengan kolam Terpal ataupun kolam semen. Budidaya lobster tidak membutuhkan permukaan air yang tinggi, cukup 20 hingga 30 cm saja. Yang paling penting dalam budidaya lobster ini adalah kualitas air harus tetap dijaga agar oksigen selalu tersedia, hal ini bisa dilakukan dengan pemberian aerator.

Harga lobster air tawar di pasaran masih sangat tinggi, sehingga ini merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Perkilonya masih di atas ratusan ribu rupiah. Akan lebih menguntungkan jika diusahakan untuk pembenihan yang tidak memakan waktu terlalu lama. Permintaan pasar akan benih lobster air tawar juga sangat tinggi, sedangkan pasokannya masih sangat rendah, bahkan sangat sulit untuk mendapatkan benih lobster air tawar dalam jumlah banyak sekarang ini.

Lobster Air Tawar dan Peluang Usahanya 4.5 5 Unknown Tuesday, May 21, 2013 Lobster Air Tawar dan Peluang Usahanya - Saraswati Update - Lobster air tawar adalah udang jenis cherax quadricarinatus yang berasal dari ...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar