Cara Pembuatan Kompos untuk Pertanian

 on Saturday, May 4, 2013  

Cara Pembuatan Kompos untuk Pertanian - Saraswati Update - Kompos adalah bahan-bahan organik yang telah mengalami proses pembusukan dan pelapukan karena adanya bakteri pembusuk yang bekerja di dalamnya. Kompos dapat terjadi karena alami, namun berlangsung sangat lama yang dapat mencapai puluhan tahun, bahkan ratusan tahun. Untuk memperoleh kompos dengan cepat dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yaitu teknologi komposter. Alat pembuat kompos ini merupakan hasil kreasi manusia yang dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan kita dengan harga terjangkau.

Bahan-bahan yang dapat dibuat kompos sangat banyak dan tersedia melimpah di sekitar kita bahkan gratis. Berbagai jenis bahan yang bisa dibuat kompos antara lain limbah rumah tangga, kotoran hewan, sampah, limbah pabrik, daun kering, limbah pertanian, dan masih banyak lagi. Semua bahan tersebut dapat diolah menjadi kompos dengan mudah dan cepat sehingga dapat mencegah pencemaran lingkungan. Dengan memanfaatkan limbah-limbah tersebut menjadi kompos, kita sudah bertindak satu langkah menjaga kebersihan lingkungan kita.

Cara Pembuatan Kompos untuk Pertanian

Peralatan yang kita sediakan untuk membuat komposter antara lain tong plastik, pipa paralon 4 inci, kassa plastik, dan kerikil. Langkah-langkah cara pembuatan kompos sebagai berikut:
  • Lubangi tutup tong sebanyak 4 buah dengan diameter 4 inci sesuai dengan diameter pipa paralon. Lubang tersebut digunakan untuk memasang pipa paralon. Bagian bawah tong dilobangi dan ditutup dengan kain kassa untuk pembuangan air.
  • Tong diberi lubang 5 mm dengan jarak antar lubang 10 cm, lubang tersebut berfungsi untuk sirkulasi udara.
  • Pipa paralon diberi lubang 5 mm dengan jarak antar lubang 5 cm, lubang tersebut berfungsi untuk sirkulasi udara.
  • Ujung pipa paralon bagian luar ditutup dengan kain kassa untuk sirkulasi udara.
  • Pasang pipa paralon pada keempat lobang yang berada di tutup tong. Tanamlah tong tersebut ke dalam tanah. Lindungi tong agar tidak terkena hujan secara langsung.
  • Setelah selesai, isilah tong tersebut dengan bahan-bahan yang akan dibuat kompos, kemudian tutuplah tong.
  • Letakkan kerikil di sekeliling tong dan sekeliling pipa paralon setebal 15 cm untuk mengurangi bau akibat dari pembusukan sampah. Timbunlah kerikil tersebut dengan tanah. Biarkan selama 3 sampai 4 bulan.
  • Selama penimbunan tersebut akan terjadi proses pengomposan. Kompos yang telah jadi berwarna hitam, mudah remuk, dan menyerupai tanah.
  • Setelah jadi, kompos diangkat dan diangin-anginkan selama 7 hari agar kadar air berkurang sehingga tidak menggumpal.
  • Kompos siap digunakan sebagai pupuk tanaman.

Cara Pembuatan Kompos untuk Pertanian 4.5 5 Unknown Saturday, May 4, 2013 Cara Pembuatan Kompos untuk Pertanian - Saraswati Update - Kompos adalah bahan-bahan organik yang telah mengalami proses pembusukan dan pe...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar