Moulting atau Pergantian Kulit pada Lobster Air Tawar

 on Saturday, May 25, 2013  

Moulting adalah proses pergantian kulit pada hewan untuk tumbuh menjadi semakin besar dalam perkembangan hidupnya. Namun tidak semua hewan mengalami moulting, hanya dari beberapa jenis hewan saja yang mengalami moulting, sebagai contohnya adalah lobster air tawar. Seperti halnya bangsa udang-udangan, lobster air tawar juga mengalami moulting, yaitu pergantian kulit yang merupakan proses pertumbuhannya dengan cara membuang kulit luar/eksoskeleton yang keras.

Lobster air tawar pada masa pertumbuhan akan mengalami beberapa kali moulting hingga mencapai dewasa. Pergantian kulit ini dialami lobster hingga puluhan kali yang dimulai pada usia 2 minggu hingga umur 7 bulan/dewasa. Namun pada lobster dewasa juga mengalami moulting, yaitu setelah melakukan perkawinan 2 hingg 3 kali. Pergantian kulit ini dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan dan mempercepat pematangan gonad pada lobster dewasa betina untuk melakukan perkawinan.

Moulting atau Pergantian Kulit pada Lobster Air Tawar

Selain fungsi di atas, lobster mengalami moulting untuk menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak, misalnya kaki atau capit yang patah akan tumbuh kembali setelah mengalami moulting, meskipun ukurannya mungkin tidak sama dengan kaki aslinya.

Proses moulting pada lobster air tawar dimulai dengan proses yang sangat rawah bagi keselamatan lobster itu sendiri, yaitu lobster akan menjadi lemah dan kurang nafsu makan, sehingga mudah diserang oleh predator atau bahkan lobster lain. Mula-mula kulit pada kepala akan terkelupas, kemudian kepala baru muncul dari dalam kulit lama yang terkelupas, diikuti oleh bagian tubuh lain ke belakang.

Inilah saat-saat yang sangat rawan dan berbahaya, ketika lobster telah selesai mengalami moulting, lobster akan sangat lemah, kulitnya yang baru masih sangat lunak sehingga mudah terluka dan rentan terhadap serangan predator atau lobster lain. Selama proses pergantian kulit ini, lobster air tawar melakukan tapa atau puasa dan tidak makan, itu membuatnya semakin lemah, namun proses ini tidak berlangsung lama, kira-kira 24 jam setelah itu lobster akan kembali normal, kulitnya akan mengeras.

Moulting atau Pergantian Kulit pada Lobster Air Tawar 4.5 5 Unknown Saturday, May 25, 2013 Moulting adalah proses pergantian kulit pada hewan untuk tumbuh menjadi semakin besar dalam perkembangan hidupnya. Namun tidak semua...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar